jakarta hari ini

Wisata Keluarga di Seaworld Ancol

Seaworld

Indonesia memiliki sebutan negara maritim karena memiliki luas lautan 5.800.00 km persegi dengan 17.504 pulau di sepanjang Sabang hingga Merauke. Maka dari itu tidak heran bila indonesia juga memiliki aneka ragam biota laut hidup yang tersebar di seluruh perairannya. Untuk menikmati indahnya dunia bawah laut biasanya seseorang harus snorkeling atau diving, dengan begitu maka dapat dijumpai beragam hewan unik yang sangat jarang ditemukan di air tawar. Tapi demi memperkenalkan biota laut asal Indonesia dan negara sekitarnya, dibuatlah sebuah Taman Biota Laut SeaWorld Indonesia. Lokasinya berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol, bahkan seaworld menjadi salah satu pilihan favorit pengunjung.

Seaworld

Seaworld

Bangunan dari taman biota laut ini sekitar 450 meter persegi. Awal mula pembangunan seaworld indonesia pada tanggal 2 Oktober 1980 hingga resmi dibuka untuk masyarakat umum di 3 Juni 1982. Bentuk dari taman laut ini berupa akuarium air laut terbesar di Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat wahana akuarium raksasa air tawar, lorong bawah laut antasena, akuarium raksasa air laut, toko souvenir, perpustakaan, dan sajian informasi yang dapat dilihat pada display teknologi layar sentuhnya. Informasi ini mengenai spesies dan seluruh satwa yang menghuni akuarium. Tempat wisata ini bisa dikatakan cukup bersih karena dijaga dengan baik oleh petugasnya dan dilengkapi AC agar tetap sejuk. Jika anda mencari minuman bahkan makanan dengan varian menu cukup banyak, disini juga tersedia cafe.

Demi memperkenalkan kehidupan biota laut yang beragam, kini seaworld memiliki beragam koleksi biota air tawar yang terdiri dari 22.000 ekor ikan dengan 126 jenis, 28 reptil dengan 5 jenis berbeda, biota air laut sekitar 5180 ekor ikan sebanyak 26 jenis, 30 reptil dnegan 5 jenis, 1 mamalia, dan 79 avertevrata sebanyak 13 jenis. Beberapa hewan yang tidak berbahaya juga bisa di pegang dan di ajak bermain dengan beberapa petunjuk dari petugas.

Wisata Keluarga di Seaworld Ancol terbagi menjadi beberapa bagian yang berguna untuk memandu wisatawan yang hadir, dengan pembagian area sebagai berikut :

  • Seaworld

    Seaworld

    Akuarium pertama

Ribuan satwa laut yang dipelihara menjadi satu disini dengan jumlah 3500 spesies ikan laut asal Indonesia, jumlah ini termasuk 37 % dari seluruh jumlah serta jenis spesies ikan di dunia. Mengingat indonesia terdiri dari lautan, sehingga tidak salah jika hampir separuh spesies ikan di dunia sudah menghuni perairan Indonesia.Akuarium memiliki ukuran 36 x 24 meter dengan dalam bervariasi mulai 4,5 sampai 6 meter dan diairi 5 juta liter air asin. Bahkan karena ukurannya yang menakjubkan, akuarium utama ini telah tercatat menjadi akuarium air asin terbesar se Asia Tenggara.

  •  Area Air Tawar

Pada bagian ini penghuninya berasal dari koleksi satwa di seluruh dunia. Beberapa ikan paling ganas berupa piranha, belut listrik dan Arapaima gigans asal sungai Amzon dipamerkan disini. Wisata yang menakjubkan dimana kita dalam melihat seluruh biota laut dalam satu tempat.

  •  Lorong Antasena

Lorong yang memiliki panjang 80 meter ini mampu membuat pengunjung takjub dan merasa seolah – olah berjalan di lautan tanpa perlu menyelam. Bahkan disediakan pula alat otomatis layaknya eskalator untuk pengunjung selama melihat isi akuarium di lorong antasena ini.

  • Akuarium ekosistem dan aquarium dugong

Didalamnya terisi koral dan sponge yang menghadirkan betapa indahnya biota di dalam lautan.

Tinggalkan Balasan