jakarta hari ini

Wisata di Taman Mini Indonesia Indah: Kebudayaan Indonesia dalam Miniatur

Loading
Center map
Traffic
Bicycling
Transit

Taman Mini Indonesia Indah, miniatur keberagam budaya di Indonesia

Terlepas dari persoalan kemacetan dan banjir, Jakarta merupakan salah satu kota yang kaya akan warisan budaya. Banyak tempat wisata yang didirikan di ibukota ini dan menjadi salah satu tujuan wisata dari berbagai masyarakat di Indonesia. Salah satu kawasan wisata yang terkenal di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata yang dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan tiga tahun setelahnya, Taman Mini Indonesia Indah menggambarkan keberagam budaya di Indonesia secara miniatur. Bila berkunjung ke tempat ini, pengunjung dibawa mengelilingi Indonesia dan diajak untuk memahami beragam budaya tanah air. Tempat wisata dengan konsep budaya daerah ini diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto yang melihat pentingnya pengenalan budaya bangsa dalam bentuk miniatur. Sehingga pengunjung bisa lebih mengenal kebudayaan bangsa dan melestarikannya.

Perbedaan Wisata di Taman Mini Indonesia Indah dengan tempat wisata yang lain adalah 33 anjungan daerah yang berfungsi sebagai museum hidup. Selain itu ada 15 museum dari berbagai aspek dan 10 taman yang menjadi tempat konservasi ex-situ. Adapun museum-museum yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah adlaah:

  1. Museum Indonesia – yaitu bangunan dengan tiga lantai dengan ukiran relief dari epos “Ramayana”.
  2. Museum keprajuritan – dibangun dengan bentuk bangunan segi lima yang dikelilingi dengan perairan yang menggambarkan pertahanan bangsa Indonesia. Di museum ini, pengunjung bisa melihat semangat perjuangan melawan penjajah dari abad ke tujuh hingga ke sembilan belas.
  3. Museum prangko Indonesia – museum ini menyajikan perkembangan teknologi dalam pembuatan perangko di Indonesia.
  4. Museum transportasi – di museum ini pengunjung bisa melihat perkembangan dunia transportasi di dunia dan Indonesia.
  5. Museum Pusaka – museum ini memamerkan ragan pusaka dari penjuru Indonesia dan menampilkan pergaan dan juga sarasehan.
  6. Museum listrik dan energi baru – museum ini memberikan informasi, koleksi dan konservasi untuk tujuan pendidikan.
  7. Museum penerangan – museum ini mempunyai lambang “ANTAKUPA” yang berarti Api yang tak kunjung padam yang memanpilkan perjuangan penerangan di Indonesia.
  8. Museum Telekomunikasi – museum ini menampilkan perkembangan telekomunikasi di Indonesia dengan lambang Palapa yang juga merupakan satelit komunikasi milik Indonesia.
  9. Museum Asmat – memamerkan hasil kerajinan dai suku Asmat yang ada di Papua.
  10. Museum Olahraga – museum ini memberikan pemahaman pada pengunjung tentang pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh.
  11. Museum komodo – merupakan museum dengan bangunan yang menyerupai komodo dan menampilkan ragam fauna Indonesia.
  12. Museum Serangga – sekitar 250.000 dari berbagai jenis serangga, kumbang dan kupu-kupu dipamerkan di museum serangga ini.
  13. Graha Widya Tama – atau yang juga disebut dengan Istana Anak-anak Indonesia merupakan banguan berbentuk kastil dari tegel berwarna merah khas seperti didongeng yang menampilkan berbagai permainan anak dari Indonesia.

Ciri khas utama yang ditawarkan Taman Mini Indonesia Indah adalah nuansa tradisional yang dipadukan dengan kecanggihan teknologi. Di berbagai anjungan daerah yang ada di Taman Mini Indonesia Indah juga menawarkan paket acara khusus dimana wakil dari anjungan daerah menampilkan kesenian khas dari daerah masing-masing. Acara yang ditampilkan biasanya adalah pagelaran seni, upacara adat, makanan khas, kerajinan daerah, serta kegiatan kebudayaan yang lain. Pada hari-hari tertentu Taman Mini Indonesia Indah juga memberikan berbagai parade tari Nasional, karnaval dan acara-acara lainnya.

Taman Mini Indonesia Indah merupakan tempat rekreasi sekaligus edukasi yang cocok untuk menghabiskan liburan bersama dengan keluarga.

 

Alamat: Jl. Pasir Putih no 1, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia

Harga tiket masuk bisa dilihat di link berikut: harga tiket TMII

Tinggalkan Balasan