jakarta hari ini

Wisata di Kebun Binatang Ragunan: Dari Pesatnya Perkembangan Ibukota, Kembali ke Alam

Loading
Center map
Traffic
Bicycling
Transit

Pesatnya perkembangan zaman telah merubah wajah ibukota. Tidak hanya dari padatnya jumlah penduduk yang berdomisili di ibukota, tetapi dari padatnya pula aktivitas-aktivitas yang mewarnai ibukota sehari-harinya. Mulai dari ramainya lalu lintas, kendaraan yang lalu lalang kesana kemari, pergi pagi hari, pulang malam hari. Rutinitas yang membosankan bukan?

Saatnya kabur dari rutinitas tersebut! Manfaatkan waktu akhir pekan yang berharga untuk menyegarkan kembali pikiran dari kejenuhan rutinitas tersebut. Butuh ide untuk memanfaatkan akhir pekan namun tak punya cukup banyak uang untuk bepergian? Tak perlu khawatir. Manfaatkan saja tempat wisata yang ada di ibukota sendiri. Salah satu yang patut Anda coba adalah Kebun Binatang Ragunan.

Singa Ragunan

Singa Ragunan

Berada di ibukota, tak mengubah kesan “kembali ke alam” dari Kebun Binatang Ragunan. Berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kebun Binatang Ragunan tak sepi dari pengunjung yang datang setiap harinya, terutama saat akhir pekan. Selain berfungsi sebagai tempat margasatwa, Kebun Binatang Ragunan juga berfungsi sebagai paru-paru alami di ibukota. Dilengkapi dengan beberapa danau buatan dan juga hutan yang alami, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai daerah resapan air yang berguna untuk mencegah banjir.
Kebun Binatang Ragunan pada awalnya didirikan di daerah Cikini, di atas tanah Raden Saleh, pelukis ternama Indonesia. Beliau mengaku sering mendapatkan inspirasi untuk melukis dari melihat hewan-hewan tersebut. Tak hanya memelihara dan merawatnya, namun Raden Saleh juga meneliti hewan-hewan tersebut. Seiring dengan perkembangan pembangunan di ibukota, lokasi kebun binatang yang semula diberi nama Kebun Binatang Cikini tersebut dipindahkan ke daerah Ragunan sehingga pada akhirnya kebun binatang tersebut berubah nama menjadi Kebun Binatang Ragunan.

Gorilla Schmutzer ragunan

Gorilla Schmutzer ragunan

Ketika anda wisata di Kebun Binatang Ragunan, Anda dapat menikmati berbagai macam satwa yang ada di kebun binatang tersebut, seperti reptil, mamalia, primata, unggas, dan berbagai macam spesies binatang lainnya. Tetapi ada yang perlu Anda perhatikan, yaitu jangan sembarangan memberikan makanan bagi hewan-hewan tersebut. Anda tidak diperkenankan memberikan makanan-makanan yang tidak sesuai untuk hewan tersebut seperti coklat, keju, karena makanan-makanan tersebut justru akan berdampak buruk bagi kesehatan hewan-hewan tersebut.

 peta ragunan

peta ragunan

Kebun Binatang Ragunan yang memiliki luas sebesar 174 hektar dapat Anda tempuh dengan menaiki kereta wisata yang disediakan pihak penyedia kebun binatang dengan biaya sebesar Rp6.500 per orang, atau menyewa sepeda yang disediakan di dalam kebun binatang dengan tarif mulai dari Rp7.500 per jam, atau dengan berjalan kaki. Pilihan untuk berjalan kaki dapat Anda gunakan jika Anda ingin berjalan santai menghabiskan waktu di dalam Kebun Binatang Ragunan sambil menghirup udara segar, karena di sepanjang jalan akan dipenuhi oleh pepohonan rindang yang ada di kiri dan kanan jalan. Kapan lagi Anda akan menemukan kesempatan menghirup udara segar yang ada di ibukota sekaligus berolahraga ringan dengan berjalan kaki, bukan?
Kebun Binatang Ragunan buka selama 6 hari dalam 1 minggu, yaitu mulai hari Selasa sampai dengan hari Minggu. Hari Senin khusus diliburkan sebagai hari libur satwa di Kebun Binatang Ragunan. Bagi Anda yang memiliki anak-anak atau saudara yang masih kecil, Kebun Binatang Ragunan cocok dijadikan pilihan tempat wisata pada saat liburan. Selain menghilangkan kejenuhan dari suasana ibukota, Anda dapat mengajarkan kepada anak-anak Anda tentang berbagai macam satwa liar dan habitatnya, serta lebih mendekatkan diri kepada alam.

 

Alamat: Jl. R.M. Harsono No. 1 Ragunan Jakarta 12550, Jakarta Selatan

Harga tiket masuk Kebun binatang Ragunan dari website resmi Kebun Binatang Ragunan.

1 Comment

  1. abizar

    wisata murah dan nyaman di ragunan hehehe

Tinggalkan Balasan