jakarta hari ini

Serba Serbi yang Menarik Tentang Komunitas Historia Jakarta

Komunitas Historia Jakarta

Dewasa ini sudah semakin sedikit orang yang peduli akan kebudayaan dan sejarahnya. Banyak dari mereka yang lambat laun tidak mengetahui budayanya sendiri. Apalagi sekarang budaya luar telah bebas masuk ke negeri kita. Seringnya menonton acaranya atau film luar negeri menyebabkan generasi kita penasaran dan mencari lebih lanjut tentang budaya luar. Rasa ingin menggunakan budaya luar pun terjadi. Mereka mempraktekkannya setiap hari. Inilah yang menyebabkan mereka lebih suka dengan budaya luar. Budaya di luar di rasa lebih menarik ketimbang budaya sendiri sehingga mereka terbawa arus budaya barat. Namun, tidak semua masyarakat senang dengan hal tersebut. Contohnya saja sekelompok orang di Jakarta, mereka membentuk Komunitas Historia Jakarta sebagai bentuk perlindungan budaya Indonesia.

Komunitas Historia Jakarta

Komunitas Historia Jakarta

Dahulunya, komunitas ini diberi nama dengan Komunitas Peduli Sejarah Budaya Indonesia atau disingkat menjadi KPSBI. Namun seiring berjalannya waktu, komunitas ini berganti nama dengan nama yang sampai sekarang masih dipakai. Komunitas yang ada di Jakarta yang satu ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2002. Namun, itu hanya sebatas perkumpulan diskusi bagi mahasiswa antar kampus saja. Tanggal 22 Maret 2003, komunitas ini resmi dibuka oleh Asep Kambali. Komunitas Historia sendiri dibangun sebagai wadah bagi masyarakat Indonesia dan para kaumnya dalam membangun patriotisme dan nasionalisme dalam konteks kebudayaan dan sejarah. Mereka akan dibekali informasi tentang sejarah dan budaya yang dimiliki Indonesia serta akan ditanamkan rasa cinta tanah air. Tidak hanya itu, mereka juga akan diberikan informasi agar mengenali dan memahami budaya sendiri.

Dari awal berdiri hingga sekarang semakin banyak yang menyukai komunitas ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah pendaftaran anggota yang begitu banyak. Cara pendaftarannya bukan hanya secara manual saja, tetapi juga dengan sistem online. Masyarakat sangat menggemari komunitas yang ada di Jakarta ini. Itu terlihat dari 23.550 lembar pendaftaran anggota komunitas historia yang masuk lewat online. Ternyata tidak hanya datang dari negeri sendiri Indonesia, komunitas ini nampaknya juga memiliki anggota dari belahan dunia. Itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita, berarti budaya kita memiliki daya tarik yang besar bagi masyarakat luar negeri.

Banyaknya anggota yang ada tidak disia-siakan oleh pengurus dari Komunitas Historia Jakarta, mereka mengelola para anggota dengan baik, yaitu dengan cara memberikan pengarahan untuk melakukan tindak nyata. Para anggota diberikan arahan agar mereka bertindak nyata, jadi bukan hanya menjadi anggota saja tanpa ada kegiatan yang bermanfaat. Hal ini dilakukan agar tujuan dibentuknya komunitas ini dapat berjalan yaitu melestarikan sejarah dan budaya yang selalu berlanjut. Bagi para anggota yang telah mendaftarkan diri akan mendapatkan kartu anggota. Penerapan kartu anggota sendiri sudah mulai terverifikasi sejak tahun 2014.

Anda sebagai member akan mendapatkan banyak fasilitas dari komunitas ini. Selain mendapatkan kartu anggota, Anda juga akan mendapatkan Pin (gold). Namun untuk mendapatkan pin ini, Anda diwajibkan mengikuti pelatihan sebagai anggota terlebih dahulu. Ketiga, Anda juga akan mendapatkan diskon 100% atau gratis jika Anda mengikuti kegiatan seperti seminar, tour, games, workshop dan lain sebagainya di dalam komunitas. Anda juga dapat mengunduh berbagai macam jurnal atau pun artikel yang telah disediakan sepanjang hidup Anda. Bagi Anda pengguna mailinglist di sosial media seperti twitter dan facebokk, Anda dapat menggunakannya gratis pula. Selain itu banyak diskon menarik di merchant-merchant yang mempunyai kerjasama dengan komunitas ini dan masih banyak fasilitas lain yang belum disebutkan.

Tinggalkan Balasan