jakarta hari ini

Melihat Indahnya Dunia di Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta

Berwisata tidak harus selalu di tempat terbuka, salah satunya Planetarium. Sebuah sarana wisata yang edukatif karena didalamnya pengunjung bisa belajar mengenal lebih dekat mengenai sistem tata surya. Alamat Planetarium Jakarta berada di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No 73, Jakarta Pusat. Tempat wisata yang terbilang unik ini menawarkan sebuah pertunjukan teater bintang bagi masyarakat yang tertarik untuk memahami ilmu astronomi. Untuk menjadi pengunjung resmi, tiket Planetarium Jakarta dijual dengan harga Rp 7.000 untuk orang dewasa dan Rp3.500 khusus anak-anak. Lokasi wisata yang satu ini buka pada hari Selasa sampai Minggu saja, sedangkan pada hari Senin tutup untuk pemeliharaan sarana dan prasana di dalamnya.
Wahana simulasi langit di Jakarta ini termasuk yang paling tua diantara lainnya yang berada di Kalimantan dan Surabaya. Mulai berdiri pada tahun 1964 yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno, lalu diserahkan pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun 1969. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang memamerkan benda – benda angkasa dengan beragam foto sekaligus keterangannya. Teori mengenai pembentukan galaksi serta tokoh yang menciptakan teori tersebut dibahas dengan detail. Tidak hanya itu saja, bahkan di ruang pameran tersebut juga terdapat baju antariksa yang digunakan saat mengarungi angkasa, seperti saat mendarat di bulan. Beberapa pelaratan pendukung untuk pengamatan antariksa juga ikut dipamerkan.
Pengunjung juga dapat melihat pertunjukan yang menjadi daya tarik utama dari Planetarium. Tersedia sekitar 320 kursi untuk pengunjung dalam sekali pemutaran filmnya. Lantai ruangan yang dibuat bertingkat seolah mengingatkan kita pada ruang bioskop. Pemutaran film ini didukung dengan peralatan canggih yang dikontrol oleh program komputer. Saat seluruh pengunjung telah memadati ruangan dan jam tayang dimulai, maka lampu penerangan akan segera dimatikan layaknya bioskop. Lalu sebuah proyektor akan menampilkan berbagai benda angkasa, peristiwa jatuhnya meteor, sistem tata surya dan masih banyak lainnya. Pemutaran video dan gambar ini dilengkapi dengan narasi yang dijelaskan secara langsung dan sesekali diiringi oleh musik. Jumlah judul film yang disediakan ada 9 yang diputar bergantian. Dalam sekali pertunjukannya dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit.
Berikut beberapa judul film yang ditayangkan oleh Planetarium dan Observatorium :
1. Tata surya, yang mengenalkan tentang tata surya serta perkembangan pemikiran manusia terhadap alam.
2. Penjelajah Kecil di Tatasurya, mengenalkan tentang asteroid, komet, serta benda yang ada di tatasurya.
3. Pembentukan Tata Surya, mengupas tentang teori percobaan pembentukan tata surya.
4. Planet Biru Bumi, mengulas tentang asal usul Bumi.
5. Dari Ekuator Sampai ke Kutub, menjabarkan tentang gerak harian benda langit yang tampak dari Bumi.
6. Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, membahas peristiwa terjadinya gerhana dan mitos yang mengikutinya.
7. Galaksi Kita Bima Sakti, mengulas tentang galaksi Bima Sakti.
8. Riwayat Hidup Bintang, menjelaskan mengenai proses kelahiran, perkembangan hingga kematian bintang.
9. Bintang Ganda dan Bintang Variabel, menjelaskan tentang sistem Bintang.
Menarik sekali kan isi dari dunia planet? Disinilah tempat untuk mendapatkan ilmu astronomi. Kita seolah diajak berpetualang keliling antariksa untuk mengenal benda – benda langit. Hal ini didukung dengan adanya alat teropong yang telah disediakan, yaitu teleskop. Alat ini membantu kita untuk mengikuti fenomena alam semisal gerhana matahari, gerhana bulan, komet, melihat bintang dan masih banyak lainnya.

2 Comments

  1. Pingback: Planetarium Jakarta, Berwisata Di Dunia Sains Perbintangan - TravelStop

  2. Pingback: Planetarium Jakarta, Berwisata Di Dunia Sains Perbintangan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.