jakarta hari ini

Ocean Ecopark Ancol, Wisata edukatif untuk keluarga

Loading
Center map
Traffic
Bicycling
Transit
Peta Ocean ecopark Ancol

Peta Ocean ecopark Ancol

Menemukan tanah lapang yang hijau di tengah kota besar memang terasa menyenangkan dan seolah menemukan kesejukan di antara tumpukan polusi. Seperti itu pula yang dirasakan oleh beberapa orang yang datang ke ocean ecopark ancol yang terletak di kota Jakarta. Lahan seluas 34 hektar itu menjadi ruang hijau di tengah kota metropolitan. Dulunya tempat ini merupakan lapangan golf yang dirombak menjadi tempat yang hijau untuk sarana rekreasi dan aktivitas para warga Jakarta dan sekitarnya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di sini seperti naik sepeda, jogging dan jalan-jalan santai. Tempat ini banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon langka dan aneka macam satwa yang jinak. Jenis pepohonan yang langka tersebut seperti cemara laut, pohon trambesi, mahoni dan pohon langka yang lainnya. Sedangkan satwa yang bisa ditemukan di sini adalah burung kasuari, burung dara, rusa, bebek, domba, monyet, burung pelikan. Jadi cocok juga untuk wisata edukasi bersama anak dalam mengenal lingkungan lebih dekat. Selain beragam flora dan fauna Ocean ecopark Ancol juga menyediakan fasilitas outbound, cara bercocok tanam yang ditujukan untuk anak. Terdapat juga rumah lebah agar anak lebih mengerti darimana madu itu berasal.

Zona ocean ecopark Ancol

Zona ocean ecopark Ancol

Kawasan ini terbagi menjadi 4 tema zona yaitu eco-nature, eco-energy, eco-art, eco-care dan eco-island. Eco-nature yang memberikan nuansa keindahan alam dan di sini pengunjung dapat berinteraksi dengan berbagai satwa yang telah disebutkan tadi. Eco-art, sesuai dengan namanya adalah tempat yang menjadi pusat acara kesenian dan kebudayaan yang sesuai untuk para pecinta seni dan penikmat acara pementasan. Sedangkan eco-energy lebih berkonsentrasi mengenai konservasi energi dan sumber energi baru dan sangat cocok untuk para pengunjung yang membutuhkan pengetahuan seputar energi dan cara penghematannya serta bahan-bahan apa yang bisa dikembangkan untuk menjadi sumber energi yang baru. Pada zona ini, terdapat rumah energy. Eco-Island merupakan miniatur pulau kecil yang dibentuk seperti pulau sungguhan dengan danau buatan di tengahnya dan danau tersebut dikelilingi oleh pulau kecil.
Karena begitu luasnya Ocean Ecopark Ancol ini, pengunjung bisa berkeliling sepuasnya untuk menjelajahi tempat wisata edukatif ini. Pengunjung bisa berjalan kaki sepuasnya sambil menikmati kesegaran udara di kawasan ini dan sembari memandang pemandangan pepohonan dan tanaman hijau yang membentang. Jika lelah berjalan kaki, boleh memakai sepeda dan menggowes untuk menyelusuri indahnya nuansa alam yang disuguhkan oleh tempat ini.

Ocean ecopark Ancol

Ocean ecopark Ancol

Ocean Ecopark Ancol sangat memanjakan pengunjung sehingga jalur antara sepeda dan pejalan kaki dipisahkan menjadi 2. Jadi tidak perlu takut tertabrak sepeda saat sedang enak-enaknya berjalan. Jalur sepeda memiliki panjang sebesar 2 km dan ini membuat pengunjung bisa bersepeda dengan puas meskipun ada beberapa jalan yang berliku dan kurang menyenangkan namun tetap tergolong aman untuk sepeda. Ketika lelah berjalan atau bersepada, ada sebuah jembatan kecil yang biasa digunakan untuk beristirahat sementara.
Pengunjung yang berasal dari luar kota pasti malas membawa sepeda sendiri saat kemari. Tenang saja karena Ocean Ecopark Ancol menyewakan sepeda dengan tarif sebesar 50 ribu rupiah per jam nya saat hari-hari kerja dan ketika akhir pekan harganya akan naik menjadi 60 ribu rupiah per jamnya. Sedangkan untuk sepeda anak-anak biaya sewanya 25 ribu rupiah ketika hari kerja dan naik menjadi 30 ribu saat weekend. Kalau sedang berada di Eco-Island dan ingin menjelajahi danau buatan sembari merasakan pemandangan yang indah, pengunjung bisa menaiki kendaraan bernama fun boat cruiser hanya dengan tarif 25 ribu rupiah tiap orangnya dan 30 ribu per orang saat akhir pekan. Saat menyusuri danau, pengunjung bisa melihat-lihat berbagai jenis ikan yang ada di dalamnya seperti ikan emas, lele dan koi dan memberi pakan ikan yang dijual dengan harga 5000 rupiah tiap bungkusnya.

Tinggalkan Balasan