jakarta hari ini

Menikmati Segarnya Wisata Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

Jalan-jalan di hutan lebat yang terletak di tengah kota menjadi kesenangan tersendiri. Selain merefreshkan pikiran sejenak dari beragam aktivitas yang menjenuhkan, berwisata di hutan tengah kota bisa menjadi alternatif liburan saat akhir pekan tanpa perlu pergi jauh kemana-mana. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berkunjung di hutan kota yang tentunya tidak kalah seru dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Berlibur ke hutan memberikan suasana baru dan berbeda karena di sini kita bisa mengenal alam lebih dekat. Ada banyak jenis pepohonan dan tanaman yang mengisi sebuah hutan. Pastinya juga akan sangat menarik jika bisa melihat satwa atau burung-burung yang bebas berkicau.

Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

Apabila tinggal di kawasan kota Depok, beruntung sekali ada sebuah hutan kota yang sangat terkenal dengan kerimbunan dan keasrannya. Secara administratif, area Wisata Hutan Kota Depok terletak di Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa. Hutan ini berada di dalam kawasan kampus Universitas Indonesia (UI) Depok sehingga hutan kota tersebut berbatasan langsung dengan kota depok. Pada bagian belakang hutan ini tampak kawasan dataran tinggi Puncak kota Bogor sedangkan pada bagian depannya terlihat kota Jakarta. Dua pemandangan yang kontras bisa dilihat langsung dari kawasan hutan kota Depok dan inilah yang menjadi salah satu daya tariknya. Kota Bogor dengan puncak yang sarat akan kesejukan dan panorama yang elok dan kota Jakarta yang identik dengan kemacetan dan keramaian.

Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

Hutan kota depok dibangun dengan tujuan digunakan sebagai daerah resapan air, untuk perlindungan plasma nutfah, untuk tempat penelitian keanekaragaman hayati. Suhu rata-rata di kawasan hutan ini adalah 27 derajat celcius jadi tidaklah terlalu dingin. Secara umum kondisi hutan ini tergolong baik dan sejak dibangun, tidak ada kerusakan yang berarti. Pada hutan ini, pohon-pohon yang ditanam umumnya memiliki diameter yang besar. Pohon-pohon seperti ini memang sengaja ditanam di sini untuk bisa menyerap kelebihan air saat hujan sehingga mencegaj terjadinya banjir. Pohon yang memiliki diameter besar juga bisa menjadi habitat beberapa satwa.
Dalam hutan, terdapat sebuah danau yang bisa menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat sekitar dan mahasiswa kampus. Danau ini merupakan sarana rekreasi warga sekitar yang ingin memancing ikan di dalam hutan. Danau tersebut juga menjadi muara aliran air yang ada di hutan kota. Habitat dalam hutan kota depokterdiri dari dua ekosistem yaitu ekosistem perairan dan kawasan hutan kota. Kawasan hutan kota difungsikan untuk konservasi satwa dan aneka begetasi yang hidup di hutan ini. Vegetasi yang ada di sini meliputi meranti, kopi, karet dari Wales Barat. Sedangkan yang berasal dari Wales Timur ada kayu hitam, cendana, cengkeh, pala, matoa. Sementara pepohonan yang tumbuh di sini kebanyakan didominasi oleh pepohonan kelapa, sengon, flamboyan, nanas, akasia, sawo dan pisang dan pepohonan khas dari Jakarta dan sekitarnya.
Ada 56 jenis burung yang terdapat di hutan kota depok seperti bandol jawa, burung cabe, walet sapi. Hutan Kota Depok memiliki fasilitas pendidikan dan olah raga seperti lapangan tenis, lapangan voli, basket, bulu tangkis, hocky dan bola kaki. Fasilitas lainnya terdapat restoran, guest house, lapangan parkir dan halte. Beberapa orang ingin mencoba track di sini yang bernama track Mangkuk dan track nyamuk hutan UI. Bagi yang ingin datang ke sini, bisa melewati stasiun UI dan Pondok Cina yang bisa ditempuh dengan KRL.

Tinggalkan Balasan