jakarta hari ini

Menikmati Kesenian Indonesia di Museum Wayang di Jakarta

Museum Wayang

Bingung mau liburan kemana? Kenapa tidak berkunjung ke Museum Wayang saja? Selain bisa mengisi liburan, anda juga bisa menambah wawasan terkait salah satu kesenian Indonesia tersebut. hal ini dikarenakan ada beragam jenis wayang yang bisa anda temukan di Museum Wayang ini. Selain beragam jenisnya, bentuknya juga beragam. Ditambah lagi koleksi wayang dan boneka dari mancanegara yang terbuat dari kayu, kulit dan bahan lainnya.

Museum Wayang sendiri beralamatkan di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta. Untuk sampai ke lokasi museum, anda bisa menggunakan jasa taksi yang bisa diakses dari seluruh sudut kota Jakarta. Atau jika anda ingin naik bus, anda bisa naik bus Transjakarta dari koridor 1 Blok M, kemudian turun di terminal kota akhir. Dari terminal kota akhir ini, anda bisa berjalan kaki untuk mencapai lokasi museum.

Wayang

Wayang

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi bahwa Museum Wayang di Jakarta memiliki koleksi wayang yang cukup lengkap. Koleksi wayang yang ada tersebut berasal dari berbagai Negara, yang meliputi Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam, India, Pakistan, Perancis, Amerika dan Inggris. Dengan banyaknya koleksi wayang yang ada di museum ini, maka anda bisa lebih mengenal beragam jenis wayang, baik yang asli dari Indonesia maupun yang berasal dari mancanegara.

Selain menyediakan koleksi wayang dari seluruh Indonesia dan mancanegara, Museum Wayang juga menyelenggarakan pertunjukan wayang secara rutin, yaitu pada minggu kedua dan ketiga setiap bulannya. Jika beruntung, anda bisa melihat lihat koleksi wayang sekaligus menonton pertunjukan yang diadakan. Karenanya ada baiknya jika waktu berkunjung anda ke museum disesuaikan dengan jadwal pertunjukan wayang tersebut, sehingga kunjungan anda terasa lebih lengkap.

Selain menyelenggakarakan pertunjukan wayang secara berkala, Museum Wayang juga menggelar peragaan karawitan, pembuatan wayang kulit dan wayang golek. Anda yang ingin belajar cara membuat wayang kulit dan wayang golek bisa memanfaatkan kesempatan emas tersebut. Ditambah lagi, ada peragaan seni karawitan yang juga bisa anda pelajari. Peragaan tersebut memang diselenggarakan oleh pihak museum untuk masyarakat umum dan pelajar, agar mereka bisa lebih mengenal kesenian asli Indonesia.

Wayang

Wayang

Setelah menikmati beragam koleksi wayang yang ada di museum dan belajar membuat wayang serta belajar seni karawitan, kini saatnya anda berbelanja. Ya, liburan memang terasa kurang lengkap jika belum shopping. Nah, bagi anda yang ingin membeli beberapa souvenir cantik berupa wayang kulit dan wayang golek, anda bisa langsung menuju kios yang letaknya di dekat pintu keluar museum.

Kios yang berada di pintu keluar museum tersebut menjual cinderamata yang meliputi wayang kulit, wayang golek, gantungan kunci, boneka, pajangan, buku pewayangan dan cinderamata atau souvenir lainnya. Anda bisa memilih dari beragam jenis cinderamata tersebut untuk dibuat oleh oleh. Atau jika tidak untuk oleh oleh, anda bisa memajangnya di rumah sebagai koleksi.

Untuk bisa menikmati kesenian Indonesia yang ada di Museum Wayang, pastikan anda sudah mengetahui jadwal operasional museum. Museum yang hingga kini sudah memiliki 4000 koleksi wayang tersebut buka di hari Selasa sampai dengan hari Minggu mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp 2000,- untuk pengjung dewasa, Rp 1000,- untuk pengunjung mahasiswa atau pelajar, dan Rp 600,- untuk anak anak. Yuk, segera ajak keluarga anda untuk berlibur sambil belajar di Museum Wayang.

Tinggalkan Balasan