jakarta hari ini

Komunitas Korea di Jakarta, Media Penyalur Bakat dan Minat Akan Korea

Komunitas korea di Jakarta

Saat ini, penyebaran hallyu memang tengah mendunia, salah satunya adalah di Indonesia. Banyak orang yang tergila-gila dengan hal-hal yang berbau korea, mulai dari lagu, dance, film, drama bahkan hingga kebudayaan dan juga kulinernya. Banyaknya pecinta Korea ini akhirnya berkumpul sehingga mereka membentuk komunitas Korea yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Jakarta. Tentu saja Jakarta tidak boleh ketinggalan, karena jika ada konser, fan meeting dan sejenisnya, Jakarta adalah tempat acara tersebut berlangsung. Tidak heran jika jika komunitas pecinta Korea di Jakarta cukup besar. Adanya komunitas ini di Jakarta tentunya sangat membantu agar hobi dan minat mereka akan Korea tersalurkan.

Salah satu komunitas korea  di Jakarta yang resmi adalah Pusat Kebudayaan Korea atau KCC yang ada di BLC Kebun Jeruk. Bagi pecinta Korea, komunitas yang satu ini sangat bermanfaat karena kita bisa belajar dan mengikuti kursus Bahasa Korea. Bahkan kita bisa meminjam DVD asli film dan drama Korea jika kita menjadi member perpustakaannya. Komunitas yang satu ini juga memiliki staf inti dan para guru yang merupakan orang Korea asli. Selain kursus bahasa Korea, kita juga bisa belajar aneka dance ala Kpop. Selain itu, KCC juga sering mengadakan pemutaran film-film Korea dan juga aneka festival, salah satunya adalah Hanbok Experience, sehingga kita bisa mencoba pakaian tradisional Korea itu.

Komunitas Korea lainnya adalah komunitas dance cover yang memang sudah cukup booming. Salah satu komunitas dance cover yang ada di Jakarta adalah Forever Dance center Jakarta (FDC Kpop dance cover) yang merupakan sekolah dance yang ada di Jakarta dengan guru-guru yang berstandar internasional. Selain komunitas dalam sekolah dance, ada juga komunitas dance cover lainnya yang lebih mengacu kepada role player atau meniru suatu grup Kpop. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan membentuk management khas grup-grup Kpop pada umumnya. Bahkan lokasi management mereka juga berbeda-beda dan biasanya memiliki beberapa grup yang berada di bawah mereka.

Contoh management grup cover yang ada di Jakarta adalah SkyLand Entertainment yang terletak di Rawangmangun, Jakarta Timur yang membawahi GFive (cover dance miss A), F(x)plosion (cover dance F(x)), 2BE1 (2NE1), Hime5hinki (DBSK), Sky-G (SNSD), SKYNee (SHINee), 2nd Floor (2PM0, Zvier (Beast) dan APHRODITE (KARA). Mereka bahkan mempunyai tanggal debut dan sejenisnya. Cover dance sendiri penilaiannya adalah seberapa besar kemiripan dengan grup yang di RP oleh mereka, entah dari segi dance, panggung serta kostum yang mereka gunakan. Selain memberikan kepuasan karena berkumpul dengan sesama pecinta Korea, mereka juga mampu menyalurkan bakat dance yang mereka miliki. Tentu saja hal ini memberikan kepuasan bagi mereka, karena hal paling menyenangkan adalah saat kita bisa menyalurkan bakat kita.

Selain untuk orang Indonesia yang menggilai Korea, komunitas Korea yang ada di Jakarta juga termasuk orang-orang Korea yang tinggal di Jakarta. Bahkan di Jakarta Timur di dirikan Jakarta International Korean School. Selain itu, ada juga wilayah warga Korea yang ada di Jakarta, seperti di Korea Town yang merupakan perkampungan warga Korea yang berada di Kebayoran Baru. Selain itu, di Tangerang juga terdapat Lippo village yang merupakan perumahan dan bisnis warga Korea karena terdapat restoran, toko, jjimjilbang (spa Korea) maupun noraebang (karaoke Korea). Tentunya pecinta Korea akan terpuaskan disini. Itulah beberapa komunitas Korea yang ada di Jakarta yang bisa dijadikan referensi. Apakah kalian tertarik untuk bergabung?

2 Comments

  1. Riska Lie

    Hallo, selamat pagi. Apakah komunitas ini memiliki Admin/kepengurusan? ada Contact Person nya kah?

  2. ridla

    cara buat gambung jd member gmn yh?

Tinggalkan Balasan