jakarta hari ini

Komunitas DJI Phantom, Drone Bukan lagi Sekedar Hobi

Komunitas DJI Phantom

Saat ini peminat permainan drone sudah menyebar diseluruh Indonesia. Maka muncul lah berbagai macam komunitas drone, salah satu komunitasnya adalah Komunitas DJI Phantom. Dimana mulai terbentuknya komunitas tersebut pada bulan Mei 2014 silam. Menurut ketua DJI Phantom, Irwan bahwa permainan drone hampir mirip dengan permainan radio control yang lainnya. Drone mampu terbang dengan waktu kurang lebih 15 menit sampai 20 menit dan jarak tempuhnya rumayan jauh sekitar 1,6 Km dengan ketinggian 400-meter. Terkadang pesawat awak atau drone itu dijual satu paket yang dilengkapi dengan camera seperti misalnya GoPro, dimana camera tersebut mempunyai lensa yang rumayan besar. Sehingga hasil gambar ataupun video bisa terlihat dengan jelas.
Menurut Irwan, permainan drone bisa sekaligus menggabungkan tiga jenis hobi yaitu fotografi, radio control dan videografi.

Komunitas DJI Phantom

Komunitas DJI Phantom

Selain fungsi drone sebagai perekam atau pemotret, sebenarnya drone juga berfungsi sebagai pembantu pekerjaan sebuah organisasi ataupun pemerintah. Dikatakan demikian karena NTMC Polri telah memakai jasa drone untuk memantau kemacetan jalan raya, apalagi ketika arus mudik pasti drone selalu siaga untuk membantu pemantauan arus mudik. Namun NTMC Polri menggunakan drone ketika area tidak bisa dipantau oleh petugas. Selain itu media televisi juga banyak menggunakan drone untuk merekam video atau pembuatan film dari pantauan udara.

Dengan berbagai fungsi dari permainan drone, banyak sekali orang yang berminat untuk memainkannya. Namun untuk memiliki satu unit drone, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 20 jutaan sampai dengan Rp 30 juta tetapi sudah dipasang kamere GoPro, GPS dan sudah dilengkapi dengan sistem iOS. Namun jika Anda ingin merakit drone sendiri, kemungkinan harga lebih rendah sekitar 12 jutaan. Setelah Anda mempunyai Drone, baru Anda bisa bergabung dengan komunitas drone DJI. Menurut Irwan, bagi pemula yang berniat ingin memainkan drone atau pesawat tanpa awak harus berlatih area atau lapangan yang terbuka dan usahakan untuk terbang rendah serta berlatih secara orientasi sebelum melakukan penerbangan yang lebih tinggi karena jika tidak menjalani latihan terlebih dahulu bisa saja merusak drone bahkan ketika crash bisa membahayakan orang yang ada disekitar area permainan drone.

Komunitas DJI Phantom

Komunitas DJI Phantom

Untuk itulah komunitas DJI telah membentuk para pilot drone yang handal agar anggota drone yang baru bisa saling bertanya dan berbagi pengalaman terkait permainan drone, ujar Irwan. Pendiri komunitas DJI itu juga menyatakan kalau anggotanya itu berasal dari kalangan selebritis, musisi, dosen dan videografer bahkan anggota Polri sudah bergabung dengan komunitasnya. Sehingga janganlah heran jika peminat drone di Indonesia terutama kalangan pemuda yang berniat untuk mengembangkan kreativitasnya didunia videografer dan photografer menekuni permainan drone ini. Memang kelihatannya bermain drone itu sekedar hobi tetapi jika dilihat lebih detail lagi bahwa bermain drone bisa berpengaruh besar didalam kreativitas kinerja Anda.

Menurut Irwan, sebenarnya selain komunitas DJI ada juga komunitas lainnya seperti AR Drone. Namun dilhat dari segi kualitasnya, DJI lebih baik ketimbang AR Drone karena jangkauan lebih panjang dan kamera yang dihasilkan DJI lebih stabil sedangkan hasil gambar AR Drone kurang stabil. Untuk itu bergabunglah dengan komunitas DJI yang lebih unggul kualitasnya, ujar Irwan. Bahkan kegiatan yang dijalankan DJI tidak kalah dengan komunitas lainnya yakni selain berkumpul bersama-sama dan latihan terbang menggunakan drone, komunitas DJI juga melakukan perlombaan video bahkan foto antar para anggota DJI lainnya. Sehingga sangat menarik

5 Comments

  1. abdhy fermana

    apakah drone bisa digunakan untuk merekam titik koordinat

  2. Bella

    Good morning, lagi nyari sales drone manager nih merk Phantom, background from IT
    Have experience in selling or as distributor Photography & RC
    kalau tertarik tolong kirim CV ke bella@iconic-id.com

  3. Reza

    Saya msh newbie dan ingin bergabungbdi komunutas dji phantom indonesia, mohon arahannya terima kasih

  4. Nuki

    Sya dari pangandaran, ingin gabung dong dan belajar, gmna caranya

  5. Nuki

    Sya dari pangandaran, ingin gabung dan belajar, sya masih pomula, pesawat sya dji phantom 3 pro hub 085221885445, bantu dong mau gabung

Tinggalkan Balasan