jakarta hari ini

Komunitas BMX di Jakarta Semakin Populer

Komunitas BMX di Jakarta

BMX merupakan jenis sepeda yang bisa dibilang mungil karena desainnya sepeda itu sangat kecil dan ringan dan bisa lincah untuk dikendarai. Popularitas pecinta sepeda BMX tidak pernah musnah, malah semakin tambah meningkat dari tahun ke tahun. Padahal banyak sekali jenis sepeda yang istimewanya melebihi sepeda BMX bahkan harga sepeda lainnya itu juga lebih mahal dari BMX. Namun namanya pecinta sepeda, sekali cinta terhadap jenis salah satu jenis sepeda maka pecinta sepeda tersebut tidak akan berpaling terhadap jenis sepeda yang lain.

Komunitas BMX di Jakarta -Trick

Komunitas BMX di Jakarta -Trick

Performa sepeda BMX memang tidak diragukan lagi jika pengendara BMX tersebut bisa mengendalikan BMX tersebut dengan baik. Bahkan BMX bisa digunakan untuk atraksi long jump yang sangat baik. Jika Anda seorang bikers sepeda BMX yang profesional maka BMX dengan mudah Anda mainkan dengan menunjukkan atraksi yang ekstrem sekalipun seperti for flip dan street jump bahkan backflip. Namun BMX di nilai kalah terkait urusan penjelajahan atau menempuh jarak jauh dengan medan berkontur jika diperbandingkan dengan jenis sepeda MTB atau Mountain Bike yang merupakan jenis sepeda asal California.
Meskipun performa BMX ternilai kalah terkait urusan penjelahan jarak jauh, tetap saja pecinta BMX tidak ingin berpaling untuk beratraksi diatas sepeda BMX dan pengguna BMX semakin bertambah banyak, khususnya para remaja muda. Dengan bertambah banyaknya pecinta BMX, maka muncul komunitas BMX di Jakarta. Kebanyakan komunitas BMX didirikan di Jakarta, salah satunya yaitu komunitas ABI yang didirikan di Jakarta Pusat tepatnya di Jalan Johar Baru II. Komunitas ABI sudah lama terbentuknya, tepat dibulan April 2001 dan anggotanya sekitar 400 orang. Latar belakang semua anggota komunitas ABI itu dimulai dari anak SMP sampai anak kuliahan. Jika Anda ingin gabung bersama komunitas ABI silahkan datang diacara Car Freeday dihari Minggu dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 10 pagi didepan gedung Mandarin. Perkembangan komunitas ABI terbilang cukup baik karena sudah dibuktikan jumlah anggota yang bergabung sekitar 400 orang. Jumlah tersebut setiap tahunnya selalu bertambah. Maka komunitas ABI juga terbilang sebagai komunitas sepeda BMX yang unggul peminatnya di Jakarta. Kegiatan yang dilakukan komunitas ABI itu berkumpul-kumpul secara rutin ketika acara Car Free day disalah satu tempat untuk berlatih skill masing-masing anggota tepatnya didepan gedung Mandarin. Ada anggota komunitas ABI yang memanfaatkan medan datar untuk beraksi bahkan dilakukan diatas trotoar.

Komunitas BMX di Jakarta -Trick

Komunitas BMX di Jakarta -Trick

Dengan terbentuknya Komunitas-komunitas sepeda BMX maka Anda bisa mudah untuk bergabung dengan komunitas mereka. Asalkan Anda memiliki sepeda jenis BMX. Dengan ikut bergabung bersama salah satu komunitas sepeda BMX, Anda bisa berlatih dan mengasah skill Anda untuk beratraksi diatas sepeda BMX. Trik untuk atraksi BMX sebenarnya mudah untuk dilakukan, asalkan Anda giat berlatih. Ada trik BMX yang bisa melayang diatas udara dan melompat cukup tinggi. Trik tersebut dinamakan high air didalam istilah komunitas sepeda BMX.
Sebenarnya ada dua trik yang umum untuk bermain BMX. Pertama, trik backflip yang merupakan trik atraksi diatas BMX dengan melakukan putaran 360 derajat diarah vertikal.
Trik ini ditemukan oleh Jose Yanez ditahun 1984. Namun untuk melakukan trik ini harus memiliki skill bahkan keterampilan karena jika bikers tidak bisa melakukan putaran dengan sempurna maka akibatnya bisa fatal terutama punggung atau muka bikers. Kedua, trik down hill merupakan trik yang digunakan ketika berada dilintasan tidak rata.

4 Comments

  1. Arya

    Boleh ga anak usia 10 tahun

  2. rian jhoy

    kalau sya belajar kirakira dimana yah

  3. Pingback: Komunitas ABI; Komunitas Pecinta Sepeda BMX di Jakarta

  4. Ainun

    Minta contac person yang bisa di hubungi gan, mau join .trimakasih

Tinggalkan Balasan