jakarta hari ini

Berkreasi Bersama Komunitas Lomonesia Indonesia

Komunitas Lomonesia

Lomonesia merupakan salah satu seni fotografi analog yang merupakan sesuatu yang istimewa. Seperti yang kita tahu bahwa dunia fotografi kian berkembang pada masa sekarang. Berdirinya komunitas lomonesia juga membuktikan bahwa banyak sekali masyarakat yang tertarik dengan fotografi. Lomonesia adalah salah satu seni fotografi analog yang dikreasikan dalam bentuk film. Lomografi sendiri adalah merupakan keadaan pada suatu moment tertentu, kemudian menangkapnya dengan media atau alat lomografi favorit anda dan mengkreasikan nya dengan pengaturan tertentu seperti efek – efek cahaya serta efek – efek warna yang berbeda – beda. Bagaimana si belajar berkreasi di komunitas lomonesia Indonesia?

Komunitas Lomonesia - Kamera

Komunitas Lomonesia – Kamera

Sebenarnya, seseorang yang telah bergabung dalam komunitas lomonesia sendiri merupakan orang – orang pilihan yang sudah memiliki jiwa seni dan kreatif dalam seni fotografi analog. Komunitas lomonesia ini sendiri didirikan untuk mempertahankan fotografi analog. Seperti yang kita ketahui, masyarakat dan para pecinta fotografi saat ini lebih tertarik untuk menggunakan kamera digital daripada kamera analog karena mudah menggunakan dan lebih banyak cara untuk mempercantiknya. Namun jangan salah, menggunakan kamera lomograf juga akan memberikan hasil yang luar biasa. Kamera analog tentu saja lebih murah dibandingkan dengan kamera digital yang modern. Nah, dengan adanya komunitas lomonesia diharapkan banyak orang dapat menikmati dunia fotografi dengan biaya yang tidak mahal.
Menjadi fotografer juga merupakan hak untuk siapapun baik merupakan orang dari kalangan biasa, fotografer amatir, ataupun yang lainnya. Di dalam komunitas lomonesia anda juga dapat share tentang kemampuan yang anda miliki dalam bidang fotografi. Anggota dari komunitas lomonesia kebanyakan datang dari kalangan remaja yang ingin menjadi lebih kreatif dalam dunia fotografi. Terdapat 10 aturan emas yang harus diikuti oleh para anggota komunitas lomonesia.

Aturan emas tersebut yaitu:

  1. Bawa kameramu kemanapun kamu pergi dan dimanapun kamu berada.
  2. Gunakan kameramu setia saat baik pada saat pagi, siang, ataupun malam.
  3. Lomografi tidak pernah mencampuri kehidupanmu, tetapi lomografi merupakan bagian dari kehidupanmu.
  4. Cobalah untuk menangkap gambar dari pinggul.
  5. Dekatkan objek yang akan difoto dengan kamera lomografi anda sedekat mungkin.
  6. Jangan berpikir. ( William Firebrace )
  7. Cepat.
  8. Kamu tidak tahu tentang sebelumnya yang sudah kamu foto di dalam film.
  9. Setelah itu akan menjadi lebih baik.
  10. Jangan khawatir dengan berbagai aturan.

Wah aturan yang sangat simpel dan menarik bukan? Aturan tersebut tentunya akan memberikan semangat yang lebih untuk para pecinta lomografi. Dalam komunitas lomografi, pertemuan rutin
juga dilakukan dalam setiap bulannya. Mereka share tentang ilmu lomografi mereka dan tidak segan untuk bertanya kepada rekan yang lebih ahli dalam hal lomografi.Nah komunitas yang didirikan pada tahun 2004 ini sudah berkembang di seluruh Indonesia saja lho guys! Tidak hanya di Jakarta saja, anda bisa menemukan komunitas – komunitas lomonesia lain yang berada di kota – kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Makasar, Bali, Solo, serta Medan.

Komunitas Lomonesia - pantai

Komunitas Lomonesia – pantai

Dalam komunitas lomografi ini anda juga bisa konsultasi tentang kamera lomografi anda. Terdapat para ahli yang akan membantu memperbaiki kamere lomografi mu. Acara gathering pun juga diadakan untuk mempererat sesama anggota komunitas. Kegiatan seperti jalan – jalan dan berwisata dalam gathering pun akan menjadi sangat menyenangkan dengan berbagai acara doorprize yang memberikan hiburan dan kesenangan tersendiri. Tertarik untuk bergabung dalam komunitas lomonesia yang kece ini? Bukalah beberapa link untuk tahu lebih lanjut lagi tentang lomografi dan siapkan diri anda untuk menjadi salah satu anggota dari komunitas lomonesia. Jika anda berada di Jakarta dan tertarik dengan Lomografi, anda juga bisa membeli beberapa peralatan Lomografi di Lomography Embassy Store Jakarta, yang almanatnya di Jl. Bumi No. 17 Mayestik Gunung Kebayoran Baru Jakarta Selatan DKI Jakarta, 12120 dan Jl. MH Thamrin No. 1 Menteng Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta.

1 Comment

  1. Pingback: Lomonesia Indonesia; Wadah Pecinta Seni Fotografi Analog

Tinggalkan Balasan