jakarta hari ini

Belajar sambil Bersenang-senang di Liburan di Kandank Jurank Doank

Liburan di Kandank Jurank Doank

Ketika akhir pekan maka mengajak anak ke tempat wisata yang sifatnya edukatif bisa menjadi alternatif yang baik dalam menghabiskan waktu liburan. Salah satu tempat yang dapat dijadikan wahana bermain dan belajar anak adalah Kandank Jurank Doank. Tempat ini dibangun sejak 1993 oleh seniman Dik Doank. Tujuan pembangunannya adalah agar anak-anak yang kurang beruntung yang tinggal di daerah ini bisa merasakan pendidikan dalam nuansa alam yang sebenarnya sekaligus mengajarkan kepada mereka bahwa alam merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dijaga. Lama-kelamaan tempat ini dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan mulai yang anak-anak hingga dewasa, orang kurang mampu hingga orang kaya.

Liburan di Kandank Jurank Doank

Liburan di Kandank Jurank Doank

Ada banyak fasilitas olahraga yang tersedia di tempat ini seperti lapangan bola, flying fox, lapangan basket hingga wall climbing. Selain sarana olahraga, ada pula panggung yang biasa dipakai untuk pementasan dan perform drama maupun musik. Fasilitas lain yang bisa didapatkan di Kandank Jurank Doank Ini adalah ruang multimedia, perpustakaan, tempat untuk bermain dan kolam ikan. Kandank Jurank Doank sering dikunjungi oleh banyak sekolah yang ingin melakukan outbond di sini. Ada pula museum Jurank Doank yang merupakan tempat yang menyimpan riwayat hidup Dik Doank mulai masa kecil hingga dewasa. Benda-benda yang ada di sini juga merupakan hasil kesenian karya Dik Doank seperti foto, lukisan sampai barang-barang yang bernilai penting untuknya.

Yang menjadi keunggulan dari Liburan di Kandank Jurank Doank adalah program sekolah alamnya yang biasa dibuka pada hari Minggu jam 08.00 hingga pukul 10.00. Mentornya berasal langsung dari Kandank Jurank dan kalangan selebriti. Untuk bisa mengikuti sekolah ini, peserta tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis tanpa dipungut biaya apapun. Peserta yang mengikuti sekolah ini akan diajarkan bagaimana cara menggambar atau membuat sketsa kreatif dan berbagi pengalaman dengan artis/selebritis yang saat itu menjadi mentor. Sekolah alam ini bisa diikuti oleh semua kalangan mulai anak-anak hingga dewasa. Untuk dapat mengikuti sekolah di Kandank Jurang Doank secara kontinyu setiap anak akan diseleksi dengan cara disuruh menggambar garuda pancasila dengan kreativitas masing-masing. Bukan hasilnya yang akan dinilai tetapi kesungguhan dan orisinalitas yang akan menentukan apakah anak tersebut akan lolos seleksi atau tidak. Yang diajarkan di sekolah Kandank Jurank Doank bukan hanya menggambar atau melukis saja , anak-anak bisa belajar seni teater dan musik.

Liburan di Kandank Jurank Doank

Liburan di Kandank Jurank Doank

Bagi anak-anak yang lebih tertarik mengikuti kegiatan-kegiatan yang menantang bisa mengikuti kegiatan outbond. Outbond per individu bisa dilakukan pada hari sabtu atau minggu jika arena outbond tidak sedang disewa oleh sekolah atau kelompok besar. Harga menikmati wahana outbond adalah 15 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah. Ada paket outbond kelompok dengan harga 120 ribu hingga 135 ribu rupiah yang dilengkapi fasilitas.

Kegiatan outbond yang akan dilakukan di Kandak Jurank Doank yaitu menanam padi. Pada kegiatan ini akan diajarkan cara dan tahapan menanam padi. Anak-anak juga akan ditantang menangkap ikan di kolam dengan menggunakan tangan tanpa pancing. Kalau bosan, bisa bermain flying fox sepuasnya. Setelah itu bersama-sama akan memandikan kerbau di sungai dengan suasana yang menyenangkan. Anak-anak yang hobi mendayung akan ditantang mendayung perahu kampret sampai lelah. Tangga monyet dan jembatan air juga akan menjadi sarana anak-anak untuk menaklukan tantangan lainnya seperrti mencapai puncak atau melewati jembatan dengan hati-hati agar tidak sampai terjatuh.

Tinggalkan Balasan